Apa Saja yang Dilakukan Jasa Arsitek?

Enrique Torres   October 22, 2019   Comments Off on Apa Saja yang Dilakukan Jasa Arsitek?

Apabila membangun rumah dari nol, maka akan lebih baik menggunakan jasa arsitek rumah karena setiap detail dari rumah bisa sesuai dengan yang diharapkan. Namun perlu diketahui bahwa ada banyak hal yang benar-benar harus dipikirkan secara matang ketika akan membangun sebuah rumah. Hal ini menjadi sesuatu yang harus diperbincangkan dengan pihak profesional seperti jasa desain hunian ini. Apalagi terkait dengan anggaran, yang mana bagi orang awam pasti akan cukup membingungkan.

Selain Membuat Konsep, Inilah Tugas Jasa Arsitek Bangunan!

Bagi yang berencana membangun rumah, perlu diketahui bahwa jasa arsitek ini tidak serta merta hanya memberikan jasa desain dan konsep rumah saja. Ada banyak hal yang bisa didapatkan, bahkan mulai dari proses awal hingga akhir.

  • Melakukan input data lahan dan pembuatan denah

Perlu diketahui, bahwa jasa arsitek ini sebelumnya akan memberikan proposal terlebih dahulu yang di dalamnya berisi terkait dengan standar operasional prosedur. Ternyata, jasa arsitek ini, selain membuat konsep desain, juga melakukan penginputan data lahan serta kondisi eksisting. Hal ini bertujuan supaya mengetahui seberapa luas lahan dan bagaimana karakter lahan yang akan dibangun rumah itu. Zonasi dan pembuatan denah juga dilakukan oleh jasa arsitek ini.

  • Menentukan besaran ruang

Ketika membangun rumah, maka salah satu hal yang sangat penting adalah terkait dengan ruangan. Selain membuat desain rumah, jasa arsitek rumah ini juga bertugas untuk menentukan besaran ruang dan kebutuhannya. Setiap ruangan memiliki kebutuhan ukuran yang berbeda-beda, mulai dari ruang tamu, ruang kamar, jumlah kamar, dapur, ruang makan, dan lain sebagainya.

  • Desain Interior dan Eksterior

Pastinya, tugas pihak arsitek adalah untuk memikirkan konsep desain interior maupun eksterior ruangan. Namun, desain ini bukan didasarkan pada keinginan pihak jasa arsitek sendiri, melainkan sudah mendiskusikannya dengan klien, sehingga akan membuat desain sesuai dengan yang diinginkan. Dan apabila terdapat revisi terkait dengan desain ini, maka akan terus diperbaiki dengan sangat fleksibel.

  • Membuat RAB

Tugas pihak jasa arsitek selanjutnya adalah membuat Rencana Anggaran Belanja selama proses pembangunan. Hal ini sudah termasuk anggaran material, pekerja, jasa desain, dan berbagai detail lainnya.

Pada dasarnya, dengan adanya jasa arsitek rumah ini, maka proses pembangunan rumah akan lebih mudah dilakukan. Segala sesuatunya sudah diserahkan kepada yang lebih profesional, sehingga bisa ditangani dengan beres.